Hal Yang Harus Diperhatikan Bila Ingin Bersepeda

Definingourdestiny –┬áBersepeda sepertinya mudah, artinya Anda hanya perlu bisa mengendarai sepeda dan mengayuh. Namun jika menilik lebih jauh, bersepeda sepertinya membutuhkan banyak peralatan. Namun, begitu Anda merasakan kebebasan, petualangan, dan keseruan bersepeda untuk pertama kalinya, Anda akan jatuh cinta.

Bagi Anda yang tertarik mencoba bersepeda, berikut 6 hal penting yang harus diperhatikan pemula:

1. Pilih sepeda yang tepat

Tentu Anda tidak bisa memulainya tanpa set roda yang bagus. Untuk memilih sepeda yang baik, Anda perlu menentukan medan rute yang akan Anda tempuh. Untuk sepeda off road biasa yang disukai para pemula, Anda bisa memilih sepeda yang ringan dengan ban yang elegan dan geometri pengendaraan yang efisien. Sepeda jenis ini dirancang untuk membantu Anda menavigasi jalur sepeda beraspal dan jalan kota. Selain memilih sepasang sepatu lari yang sempurna, Anda harus mengukur sepeda pilihan Anda terlebih dahulu. Berdirilah di atas tabung dan tempatkan sekitar satu inci ruang kosong antara bodi dan rangka. Kalau Anda tahu, toko sepeda bisa membantu Anda memilih salah satu. Selanjutnya, pilih sepeda yang sesuai dengan budget dan gaya sepeda Anda. Apakah Anda akan melakukan perjalanan biasa di akhir pekan? Ingin menggunakan sepeda untuk berolahraga? Apakah Anda akhirnya berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh? Rangka sepeda memiliki geometri dan komponen khusus yang dirancang untuk masing-masing tujuan ini dengan harga yang terjangkau. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin menggunakan sepeda dan bagaimana Anda ingin berkembang dengan sepeda Anda. Kemudian diskusikan toko sepeda dan temukan sepeda yang tepat.

2. Bersiaplah

Menemukan sepeda yang sempurna hanyalah setengah dari persiapan. Beberapa kebutuhan dasar juga dibutuhkan. Seperti halnya helm baru, yang terpenting dan wajib dipakai di setiap pengendaraan. Helm memiliki daya tahan, jadi lebih baik pilih yang aman dan beli yang baru, dari pada memakai helm lama yang digantung di garasi. Helm baru memenuhi standar keselamatan, jadi cobalah semuanya dan pilih yang paling sesuai dengan kepala, gaya, dan anggaran yang Anda tetapkan. Semakin Anda menyukainya, semakin Anda ingin memakainya dan bersemangat karenanya. Apakah Anda tidak ingin terlihat seperti pengendara sepeda? Jangan khawatir, saat ini ada banyak merek yang membuat pakaian bersepeda terlihat bagus untuk pengendara rekreasi. Jika Anda ingin tampil seperti seorang profesional dan memakai jalur sepeda khusus, itu pasti akan melindungi Anda dan membuat Anda nyaman.

Pakaian bersepeda, terutama kaos, celana pendek yang senada atau celana pendek bersepeda, dan kaus kaki lebih aerodinamis dan nyaman di sepeda daripada pakaian olahraga lainnya. Ini akan menyerap keringat dan membantu Anda mengatur suhu tubuh. Pemasangan yang tepat juga akan mengurangi gesekan; dan bantalan empuk (chamois) melindungi area sensitif dari getaran jalan. Jersey tersedia dalam desain profesional maupun kasual dengan pilihan warna dan corak yang berbeda. Kebutuhan penting lainnya termasuk beberapa alat (tuas ban, pompa mini, tabung cadangan dan alat serbaguna) dan satu atau dua botol air. Anda juga dapat memilih monitor sepeda, yang berguna untuk melacak kilometer dan menavigasi rute.

3. Membiasakan diri

Beberapa perjalanan pertama bisa jadi menantang, tubuh beradaptasi dengan tekanan aktivitas baru. Tetapi seperti dalam hidup, kemajuan nyata dibuat dalam hal ini jika Anda mematuhinya secara konsisten dan untuk waktu yang lama. Langkah pertama dalam menjadikan bersepeda sebagai kebiasaan adalah bersikap realistis. Jangan berharap Anda akan bangun begitu cepat secara ajaib, hanya karena Anda punya sepeda baru atau berencana melaju terlalu cepat untuk jarak yang jauh. Dimulai dengan yang kecil yang tumbuh seiring waktu.

4. Tetap aman

Kami telah menyebutkan di atas betapa pentingnya memakai helm saat berkendara, tetapi jauh lebih aman saat bersepeda, terutama selama pandemi Covid-19. Pedoman CDC terbaru merekomendasikan agar Anda memakai masker kain di depan umum. Jika Anda pergi sendiri, selalu bawa perlengkapan yang lebih mendasar, KTP, uang tunai, dan telepon genggam untuk menghubungi orang terdekat jika terjadi keadaan darurat. Saat mengendarai sepeda, selalu ikuti peraturan lalu lintas setempat, yang mencakup menghentikan semua rambu berhenti dan lampu merah (bahkan untuk perjalanan kelompok) dan menggunakan isyarat tangan yang tepat saat berbelok atau berbelok. Selain itu, jangan berasumsi bahwa mobil yang muncul di belakang Anda tahu Anda berada di sana hanya karena Anda berada di jalur yang sama. Semakin sadar lingkungan Anda, semakin Anda bisa mengantisipasi kurangnya perhatian pengemudi atau bahaya lain di jalan. Headphone tidak boleh dipakai saat berkendara di luar ruangan. Jika Anda membutuhkan musik untuk memotivasi Anda saat
bepergian, pilih speaker bluetooth kecil dan simpan di saku atau tempat botol air.

5. Temukan gaya bersepeda

Saat Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersepeda, Anda akan belajar lebih banyak tentang gaya dan preferensi bersepeda. Mungkin Anda menyukai bersepeda informal non-kompetitif dengan grup atau Anda lebih suka pergi keluar dan bersepeda sendiri. Mungkin Anda suka balapan atau pergi bekerja dengan sepeda setiap hari. Ada banyak cara mengendarai sepeda dan menikmatinya, cukup bereksperimen sedikit untuk melihat gaya mana yang harus dipilih. Selain itu, ini adalah bagian dari olahraga, pengendara sepeda profesional biasanya mengkhususkan diri pada satu gaya.

6. Menemukan kelompok

Anda perlu mengatakan sesuatu tentang menemukan motivasi batin untuk dapat mencapai tujuan tertentu secara teratur, tetapi terkadang sedikit tekanan teman akan memungkinkan Anda untuk mengatasi jarak yang lebih jauh dari tujuan. Bersepeda adalah olahraga individu dan kelompok yang unik. Anda tentu saja dapat bersepeda dan mencapai tujuan Anda sendiri, tetapi bersepeda dengan kelompok akan terasa lebih mudah dan lebih memotivasi. Anda dapat menemukan grup bersepeda di jejaring sosial atau Anda dapat bergabung dengan teman kerja atau teman almamater Anda. Namun, karena pandemi virus corona masih belum usai, sebaiknya bersepeda berkelompok tidak lebih dari lima orang dalam satu kelompok dan menjaga jarak, hindari sentuhan fisik, kenakan masker saat berbicara, serta bikin jersey sepeda.