Spesifikasi dan Harga Oppo A12 vs Oppo A31

Definingourdestiny –┬áPidato di smartphone tidak pernah berakhir. Semua merek saling bersaing untuk menghasilkan smartphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti Oppo A12. Pasti kamu sudah tahu merk smartphone yang satu ini bukan?

Untuk varian Oppo A12 ternyata hanya dibanderol dengan harga jutaan, namun dengan bujet segitu kamu sudah bisa menikmati smartphone dengan RAM 3 GB.

Dua bulan sebelum peluncuran perdana Oppo A12, Oppo lebih dulu merilis seri Oppo A31 yang dirilis tepatnya pada Februari 2020. Oppo A31 sendiri dibandrol dengan harga lebih mahal sekitar 2 jutaan. Nah, dengan harga yang lebih tinggi ini tentunya teknologi yang ada di dalamnya berbeda dengan Oppo A12. Apa sih perbedaan kedua seri smartphone ini, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Perbandingan antara dua hal tersebut menjadi solusi yang memungkinkan Anda untuk memilih mana yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan melakukan perbandingan, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik dari kedua hal tersebut. Seperti yang ditunjukkan di berita gadget terlengkap ini, perbandingan antara Oppo A12 dan Oppo A31 ini akan membantu Anda memilih smartphone terbaik untuk versi Anda.

Visualisasi fisik

Secara fisik, dari layarnya sendiri, kedua smartphone ini bisa saja berbeda. Oppo A12 berukuran 6,22 inci dan menggunakan layar IPS dengan resolusi HD + 1560 x 720 piksel. Rasio aspeknya 20: 9 dengan kerapatan layar 276 piksel per inci. Karena ukurannya, smartphone ini berukuran 155.9 x 75.5 x 8.3mm dengan berat 165 gram.

Pada Oppo A31, ukuran layarnya 6,5 inci dan sama-sama menggunakan layar IPS. Resolusi layarnya adalah HD + 1600 x 720 piksel dengan kerapatan layar 269 piksel per inci dan aspek rasio yang sama dengan Oppo A12. Sedangkan ukuran fisik dari smartphone ini adalah 163.9 x 75.5 x 8.3mm dan lebih berat 15 gram dari A12 yang memiliki berat 180 gram. Nah, untuk perlindungannya, kedua smartphone ini menggunakan pelindung goresan yang sama, yakni Corning Gorilla Glass 3.

Desain smartphone

Layaknya smartphone Oppo lainnya, Oppo A12 juga memiliki desain unik dimana bagian belakangnya memiliki aksen diamond dalam dua warna yaitu biru dan hitam. Berkat desainnya yang seperti itu, pastinya smartphone ini akan tampil lebih gaya dan modis serta memberi Anda rasa percaya diri. Nah, berhubung cover belakang smartphone ini tidak terbuat dari bahan yang mengkilat, Anda tidak perlu khawatir jika mudah tergores atau lepas saat Anda memegangnya.

Sementara itu, Oppo A31 juga menawarkan dua pilihan warna, yaitu misterius hitam dan putih fantastis. Desain yang digunakan pada Oppo A31 merupakan tipe build quality dengan desain yang pas dan terasa menarik serta memberikan nuansa premium saat digenggam. Oppo sendiri mendefenisikan desain cover belakang smartphone ini sebagai komposit dengan tempered glass.

Kamera

Oppo dikenal sebagai smartphone dengan kamera berkualitas tinggi, itulah sebabnya banyak orang yang mencarinya. Nah, Oppo A12 memiliki dua kamera belakang dengan kamera utama 13MP dan kamera kedua 2MP yang digunakan untuk sensor kedalaman. Berkat fitur-fiturnya, kamera Oppo A12 dilengkapi dengan LED flash, panorama, dan HDR. Sedangkan untuk kamera depan, Oppo A12 dibekali kamera 5 MP dengan fungsionalitas HDR.

Untuk Oppo A31, kamera belakangnya dibekali 3 lensa dengan kamera utama 12 megapiksel, kamera kedua 2 megapiksel untuk fotografi makro dan lagi kamera 2 megapiksel dengan sensor kedalaman. Fitur kamera belakang selalu sama dengan Oppo A12, namun untuk kamera depan Oppo A31 memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 8MP dan ada juga fungsi HDR. Nah, kamera belakang kedua smartphone ini mampu merekam video dengan kualitas Full HD.

Editor

Untuk menunjang kinerjanya, Oppo A12 didukung oleh chipset Mediatek MT6765V Helio P35. Sebagian dari CPU ditangani oleh octa-core core dan grafisnya menggunakan PowerVR GE8320. Ada dua opsi di bagian RAM dan Memori Internal, yaitu 32/3 GB dan 64/4 GB. Nah, jika data yang Anda simpan besar dan Anda merasa kapasitas penyimpanan internal yang tersedia kurang, Anda tidak perlu khawatir karena smartphone ini masih menyediakan slot microSDXC hingga 256GB.

Sedangkan Oppo A31 menggunakan chipset Mediatek MT6765V / CB Helio P35 dengan prosesor dan tipe grafis yang sama dengan Oppo A12. Nah, perbedaannya ada pada opsi RAM dan penyimpanan internalnya, di mana ada tiga kemungkinan, yakni 64/4 GB, 128/4 GB, dan 128/6 GB. Dalam sistem operasinya, kedua smartphone ini menggunakan jenis sistem operasi yang sama, yakni Android 9.0 Pie dengan ColorOS 6.1.

Fungsi dasar

Meski harganya jutaan, namun Oppo A12 juga didukung beberapa fitur hebat seperti asisten pintar yang memudahkan untuk membuka aplikasi. Fitur bawaan kedua adalah bilah sisi pintar yang juga membantu Anda melakukan lebih banyak tugas. Untuk menggunakan fitur ini, cukup seret ikon garis putih ke kanan ke kiri. Temukan file lebih cepat, buka kamera Anda dan lainnya dengan fitur ini.

Tak ketinggalan, Oppo A31 sebelumnya juga dikemas dengan fitur-fitur keren. Ada fitur menarik di bagian kamera bernama portrait bokeh, yang mempercepat fokus objek yang difoto. Plus, lima filter kamera siap membumbui foto Anda. Dengan fungsi kamera, terdapat mode warna yang mempesona yang membuat hasil foto menjadi lebih berwarna, sehingga terlihat lebih menarik.